Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Adobe Creative Cloud di Linux

Cara Instal Adobe Creative Cloud di Linux

Linux memiliki banyak perangkat lunak hebat, baik yang maenstream maupun yang open source. Meskipun semakin banyak perangkat lunak yang datang ke Linux selama bertahun-tahun, ada satu pengembang perangkat lunak yang tetap sulit dipahami: Adobe. Selama bertahun-tahun, pengguna Linux ingin menggunakan alat seperti Adobe Premiere, Photoshop, Illustrator, dan banyak lagi. Sayangnya, perusahaan di balik perangkat lunak ini tidak berminat mem-porting perangkat lunak ini ke Linux. Berkat pengembang berbakat di komunitas Linux, tidak perlu meyakinkan Adobe untuk menulis ulang seluruh katalog perangkat lunak mereka untuk platform Linux. Sebagai gantinya, dengan skrip Anda dapat menginstal aplikasi Adobe Creative Cloud di Linux.

Script berjalan dengan PlayOnLinux, Wine dan menggunakan banyak patch dan tweak untuk membuat semuanya berjalan lancar. Sebelum meng-instal aplikasi Adobe Creative Cloud, Anda harus menginstal alat bernama PlayOnLinux. Ini adalah alat GUI yang bekerja dengan lapisan kompatibilitas Windows Wine untuk memungkinkan mengeksekusi kode Microsoft Windows di Linux. Berikut cara menginstal PlayOnLinux pada distro Linux favorit Anda.

Instal PlayOnLinux

Ubuntu

sudo apt install playonlinux

Debian

sudo apt-get install playonlinux

Arch Linux

sudo pacman -S playonlinux

Fedora

sudo dnf install playonlinux

OpenSUSE

sudo zypper install playonlinux

Instal Creative Cloud Script
PlayOnLinux tidak benar-benar mendukung Creative Cloud Suite sebagai salah satu installer mereka. Sebagai gantinya, Anda harus mengunduh skrip agar perangkat lunak dapat diinstal. Skrip ini di-host di GitHub, jadi pastikan Anda memiliki paket Git di sistem Anda. Di terminal, gunakan git clone untuk mengunduh kode di PC Linux Anda.

Instal PlayOnLinux

git clone https://github.com/corbindavenport/creative-cloud-linux.git

Dengan skrip kloning, buka alat PlayOnLinux, dan klik "Tools". Di bawah bagian "Tools", temukan dan klik opsi yang mengatakan "Run a local script". Ini akan memunculkan dialog PlayOnLinux, yang akan memungkinkan Anda untuk menambahkan skrip. Di jendela pertama yang muncul, klik "Next". Pada halaman berikutnya, klik tombol "browse" untuk membuka jendela dialog.

Arahkan jendela dialog pop-up ke folder rumah tempat Anda meng-kloning skrip, dan temukan folder bernama "creative-cloud-linux". Pilih creativecloud.sh , lalu klik "open" untuk memulai.

Cara Instal Adobe Creative Cloud di Linux-gambar 1

Saat Anda membuka skrip, akan muncul peringatan "the signature on the script is not valid". Abaikan, dan klik "next" untuk melanjutkan.

Sebelum penginstalan dimulai, Anda harus menyetujui lisensi perangkat lunak skrip. Baca dengan cepat, dan pilih kotak "I Agree" untuk pindah ke langkah berikutnya. Saat skrip penginstal dimulai, tunggu sampai semuanya diunduh.

Pada titik tertentu selama proses instalasi, PlayOnLinux akan menyarankan Anda membiarkan alat pengunduhan mengunduh penginstal Creative Cloud (daripada menggunakan yang telah diunduh oleh pengguna). Pilih "download", lalu klik di sebelah untuk mengizinkannya mengunduh file yang diperlukan.

Cara Instal Adobe Creative Cloud di Linux-gambar 2

Ketika PlayOnLinux selesai menjalankan skrip, Anda dapat mengunduh dan menginstal program Adobe Creative Cloud. Harap diingat bahwa skrip ini tidak memberi Anda akses gratis ke program Adobe. Anda masih harus masuk ke akun Adobe Anda.

Baca juga: Cara Instal WPS Office Di Linux

Menjalankan Adobe Creative Cloud Apps
Untuk menjalankan aplikasi Adobe, Anda harus mengikuti proses ini. Pertama, buka PlayOnLinux. Ini sangat penting, karena tanpa POL, tidak ada aplikasi Adobe yang berfungsi. Begitu berada di POL, cari "Adobe Application Manager" dan jalankan. Di dalam pengelola ini, pilih Aplikasi Adobe yang ingin Anda jalankan. Adobe Application Manager akan membawa Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat program bekerja pada sistem Linux Anda.

Tidak semua aplikasi Adobe CC akan berfungsi di PC Linux Anda. Jika Anda benar-benar membutuhkan aplikasi Adobe Creative Cloud terbaru yang bekerja pada PC Linux Anda, maka Anda perlu menginstal mesin virtual Windows 10 di Virtualbox , Gnome Boxes atau Virt-Manager. Atau, ikuti perkembangan developer’s GitHub dan unduh pembaruan terbaru saat tersedia.
Admin
Admin Terima kasih. Semoga menjadi ilmu yg bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Instal Adobe Creative Cloud di Linux"