Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal WPS Office Di Linux

Cara Instal WPS Office Di Linux - WPS Office adalah pesaing utama di platform Linux bagi office suite yang bisa dikatakan mirip dengan Microsoft Office. Office suite ini memiliki dukungan untuk banyak distribusi Linux yang berbeda, dan sampai sekarangpun anda bisa menikmatinya secara gratis.

WPS Office memiliki dua versi, yang pertama versi premium, versi ini memiliki fitur tambahan seperti cadangan cloud, enkripsi, dan kolaborasi dokumen. Yang kedua versi gratis, dengan versi gratis ini anda bisa menginstal dan menggunakan WPS Office secara gratis, tentunya versi ini tidak memiliki fitur seperti versi premium. Versi premium adalah layanan berbasis langganan jadi ini bukan pembelian satu kali.

Cara Instal WPS Office Di Linux Ubuntu / Debian
wps office ubuntu-debian

Cara utama bagi pengguna Ubuntu dan Debian agar dapat menginstal WPS Office adalah dengan mengunduh file paket Debian. Sayangnya, pengembang tidak memiliki PPA, atau repositori perangkat lunak Debian yang dapat ditambahkan pengguna. Tapi untungnya masih ada paket biner yang tersedia. Saat ini, WPS memiliki dukungan untuk arsitektur 32-bit dan 64-bit.

Untuk menginstal WPS Office, buka halaman http://wps-community.org/downloads, dan ambil file paket Debian terbaru. Perlu diingat bahwa WPS tidak memiliki paket yang disortir berdasarkan distribusi, jadi Anda harus berhati-hati agar tidak mengunduh file yang salah. Jika Anda tidak dapat menemukannya dari daftar tautan, coba tekan  Ctrl + F  di browser, dan ketik "deb."

Setelah Anda mengunduh file paket WPS Debian, buka file manager, klik folder Downloads Anda dan klik pada file WPS. Agar bisa memilih file anda harus membukanya di tool penginstal paket GUI Debian (atau Ubuntu). Dari sana cukup masukkan kata sandi Anda, dan klik tombol instal.

Ingin memasang melalui terminal? Buka jendela terminal, dan gunakan cd untuk memindahkan terminal ke ~ /Downloads. Dari sana, instal paket melalui dpkg package installer tool.

cd ~/Downloads

sudo dpkg -i wps-office_*_amd64.deb

atau

sudo dpkg -i wps-office_*_i386.deb

Selama instalasi, Anda mungkin mengalami masalah dalam menyelesaikan file dependensi. Untuk memperbaiki masalah dependensi yang hilang, jalankan apt install -f. Perintah ini berfungsi untuk mencari program yang hilang dan menginstalnya.

sudo apt install -f

Cara Instal WPS Office Di  Arch Linux
wps office arch linux

Jika anda ingin menggunakan WPS Office di Arch Linux, maka Anda harus menginstalnya melalui AUR , karena WPS Office saat ini tidak mendukung Arch Linux, dan tidak ada paket resmi. Untuk mendapatkan paket yang dapat diinstal, buka terminal. Kemudian, gunakan  perintah git untuk menarik kode sumber terbaru dari paket tersebut.

Catatan: pastikan untuk menginstal paket "git", agar WPS Office bisa anda tarik dari AUR.

git clone https://aur.archlinux.org/wps-office.git

Jika menggunakan command line, masukkan WPS Office folder.

cd wps-office

Yang perlu dilakukan adalah membuat paket dengan  perintah makepkg. Perlu diingat bahwa ketika Anda membuat paket, Anda mungkin mengalami masalah dependency. Untuk mengurangi ini, pastikan untuk menambahkan -si ke bagian akhir perintah Anda. Perintah ini memberitahu manajer paket Pacman untuk keluar dan menemukan sebanyak mungkin dependensi yang dapat diinstal. Jika masih kurang, Anda harus mendapatkannya secara manual dari halaman ini (di bawah dependensi).

makepkg -si

Baca juga: Cara Instal Ubuntu Core di Raspberry Pi

Jika anda ingin menginstal WPS Office di Linux tetapi tidak memiliki salah satu distribusi yang didukung oleh pengembang? Tidak perlu khawatir, karena ternyata ada file arsip biner yang dapat diunduh dan berdiri sendiri yang dapat digunakan pengguna untuk menjalankan perangkat lunak WPS Office. Untuk menginstalnya, kunjungi halaman http://wps-community.org/downloads, tekan  Ctrl + F , dan cari "tar.xz". Pilih varian 32-bit atau 64-bit, dan unduh arsip ke PC Linux Anda.

Selanjutnya, buka jendela terminal dan gunakan  perintah cd untuk menavigasi ke  direktori ~/Downloads. Dari sana, ekstrak arsip tar.xz yang diunduh.

tar xvfJ wps-office_*.tar.xz

Mengekstrak file memakan waktu beberapa menit. Ketika proses selesai, gunakan rm untuk menghapus file tar.xz dan cd ke dalam folder.

rm wps-office_*.tar.xz

cd wps-office_*

Pertama, gunakan skrip “install_fonts” untuk memasang font yang hilang pada sistem.

sudo sh install_fonts

Dari sini Anda akan dapat menjalankan salah satu perangkat lunak WPS langsung dari folder ini.

Untuk menjalankan editor teks, ketik ./wps di terminal. Selain itu, untuk akses alat presentasi WPS dengan mengetik ./wpp dan alat spreadsheet WPS dengan mengetik ./et.
Admin
Admin Terima kasih. Semoga menjadi ilmu yg bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Instal WPS Office Di Linux"