Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memperbaharui dan upgrade Ubuntu secara offline

cara memperbaharui dan upgrade Ubuntu secara offline

Memperbaharui dan upgrade Ubuntu secara offline tidak terlalu umum di dunia saat ini dengan sebagian besar perangkat terhubung ke internet. Meski begitu, ada kesempatan di mana ini dapat berguna, dan Ubuntu menyediakan cara yang cukup sederhana untuk mengubah drive USB menjadi repositori offline.

Metode ini tidak sulit diatur dan berfungsi semudah peningkatan versi secara online. Ada satu hal yang perlu anda lakukan, Anda membutuhkan komputer Ubuntu yang terhubung ke Internet untuk mengatur semuanya dan mendapatkan paket offline.

Cara Mendapatkan Paket Apt-Offline
Pertama-tama Ubuntu anda harus online terlebih dahulu untuk mengunduh paket offline, dengan perintah berikut.

sudo apt install apt-offline

Selanjutnya, Anda akan membutuhkan salinan lain dari paket untuk offline box. Unduh the deb form, an Ubuntu mirror. Masukkan paket pada drive USB untuk diinstal pada offline box.
Setelah Anda memiliki paket yang tersedia di komputer Ubuntu offline, instal dengan dpkg.

sudo dpkg -i apt-offline

Buat signature untuk Repositori Anda
cara memperbaharui dan upgrade Ubuntu secara offline-gambar1

Semua repositori Ubuntu dan Debian menggunakan kunci untuk memverifikasi integritas paket. Begitupun juga  dengan Repositori offline Anda. Apt-offline memiliki alat untuk membuat tanda tangan untuk Anda. Jalankan dan siapkan kunci Anda di lokasi yang Anda ingat.

sudo apt-offline set ~ / .offline.sig

Unduh Paket
Anda siap untuk mendapatkan semua paket untuk repositori baru Anda dan mengunduhnya ke drive yang ingin Anda gunakan.

sudo apt-offline get -d / path / ke / usb / ~ / .offline.sig

cara memperbaharui dan upgrade Ubuntu secara offline-gambar2

Jika Anda ingin menggabungkan semuanya ke dalam satu file zip besar, tanda untaian yang memungkinkan Anda unduh dari lebih dari satu repositori Ubuntu pada satu waktu. Ini perlu waktu. Ada banyak file yang perlu diunduh. Anda juga harus memastikan untuk memiliki drive USB yang cukup besar agar dapat menampung seluruh paket repositori.

sudo apt-offline get --threads 3 --bundle /path/to/usb/bundle.zip ~ / .offline.sig

Instal Paket di Komputer Secara Offline
Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan repositori baru Anda di komputer offline. Masukkan drive ke komputer Anda, lalu jalankan perintah berikut:

sudo apt-offline install /path/to/usb/bundle.zip

Apt akan mengaktifkan repositori baru di sistem Anda. Ketika Anda mulai menggunakan paket Apt atau menginstal, komputer Anda akan menarik mereka dari sumber lokal baru. Ketika Anda terus memperbarui komputer offline, Anda dapat mengulangi langkah-langkah mengunduh paket dan menginstalnya pada PC Ubuntu offline.


Sistem ini dapat terasa lebih canggung dan rumit daripada pembaruan online biasa, tetapi berfungsi dengan baik. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengontrol sistem Anda dan masih mengelola dengan alat yang sama seperti yang biasa Anda gunakan. Anda juga sepenuhnya mampu menggunakan drive yang sama dan repositori yang sama di beberapa mesin offline, menjadikannya metode yang sangat efisien untuk memperbarui komputer offline. Tentu saja, jika komputer berada di jaringan lokal, Anda selalu dapat mengganti penyimpanan yang tersambung ke jaringan untuk USB dan benar-benar meningkatkan efisiensi Anda.
Admin
Admin Terima kasih. Semoga menjadi ilmu yg bermanfaat.

Post a Comment for "Cara memperbaharui dan upgrade Ubuntu secara offline"